pa-linggau1.png

Pengadilan Sosialisasikan E-court

Written by Pengadilan Agama Lubuklinggau on . Posted in Berita

Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Lubuklinggau Sosialisasikan E-court

Lubuklinggau- Rabu 24 Oktober 2018 sebanyak belasan advokat yang ada di kota lubuklinggau mengikuti materi sosialisasi aplikasi layanan elektronik pengadilan atau “e-court” yang diselenggarakan oleh Pengadilan Negeri Lubuklinggau. Turut Hadir Ketua Pengadilan Agama Lubuklinggau Drs. H. Muchlis, S.H, M.H. , Kasubbag IT dan Pelaporan dan karyawan/ti Pengadilan Agama Lubuklinggau.

Pada sambutannya Alimin Ribut Sujono, S.H, M.H. selaku Ketua Pengadilan Negeri Lubuklinggau menjelaskan program terbaru Mahkamah Agung (MA) berupa aplikasi layanan elektonik atau e-court yang sangat berguna membantu dan mempermudah bagi advokat dalam beracara di pengadilan.

Aplikasi layanan elektronik atau ecourt adalah sistem layanan online yang diberlakukan MA sesuai Peraturan MA Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara elektronik.

A materi

Dalam aplikasi e-court advokat dapat beracara di pengadilan dalam perkara perdata, dari mulai pendaftaran, pembayaran perkara serta pemanggilan secara elektronik. Jadi lewat layanan e-court, “advokat tidak bersusah payah, tidak perlu datang ke pengadilan untuk mendaftar, cukup menggunakan e-filling,” ujar ketua Pengadilan Negeri Lubuklinggau dalam sambutannya.

Selanjutnya acara sosisalisasi e-court ini diisi dengan materi yang disampaikan oleh Kasubbag IT dari Pengadilan Negeri Lubuklinggau  tentang cara penggunaan layanan e-court mulai dari pendaftaran sampai mendapatkan nomor perkara.

Acara sosisalisasi e-court diakhiri dengan doa yang dipimpin Muhammad Basri, S.Ag, S.H dari Pengadilan Agama Lubuklinggau dan foto bersama.

A foto bersama

A advokat

HUT Dharmayukti Karini

Written by Pengadilan Agama Lubuklinggau on . Posted in Berita

Jum’at, 12 Oktober 2018 bertempat di aula kantor Pengadilan Agama Lubuklinggau merayakan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharmayukti Karini ke-16 Tahun 2018. Pada kesempatan acara ini dihadiri Ketua Pengadilan Negeri Lubuklinggau dan Ketua Pengadilan Agama Lubuklinggau, para tamu undangan dan seluruh pengurus dan anggota Dharmayukti Karini Cabang Lubuklinggau.

 

Acara diawali dengan kata-kata sambutan dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua Dharmayukti Karini Cabang Lubuklinggau dan pemotongan kue ulang tahun Dharmayukti Karini 

A_3.jpeg

serta dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dana beasiswa (BDBS) kepada siswa-siswi anak-anak berprestasi dari anggota Dharmayukti Karini Cab. Lubuklinggau. 

A_5.jpeg

Usai penyerahan beasiswa dilakukan sesi foto bersama dan diakhiri dengan doa serta pembagian doorprize.

 

A6.jpeg        A7.jpeg

 

PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

Written by Pengadilan Agama Lubuklinggau on . Posted in Berita

Dalam rangka upaya Pembangunan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 di lingkungan Pengadilan Agama Lubuklinggau, Drs. H. Muchlis, S.H.,M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Lubuklinggau menggelar Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas.

 

.Acara dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 16 Agustus 2018 di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Lubuklinggau. Acara yang bertema “Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani“ tersebut dihadiri oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Lubuklinggau.

 

Dalam acara ini juga dibacakan Ikrar yang dibacakan oleh Ketua Pengadilan Agama Lubuklinggau dan diikuti oleh seluruh Pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Lubuklinggau dan dilanjutkan Penandatangan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah bersih melayani oleh Ketua Pengadilan Agama Lubuklinggau dan seluruh aparatur Pengadilan Agama Lubuklinggau.

zee1

 

zee2

zee3

Dalam Sambutannya Ketua Pengadilan Agama Lubuklinggau menegaskan kepada segenap warga Pengadilan Agama Lubuklinggau untuk dapat bekerja sama dalam mewujudkan akreditasi yang salah satu persyaratannya adalah pecanangan zona integritas dan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani di Pengadilan Agama Lubuklinggau.

RAPAT PERSIAPAN SAPM 2018

Written by Pengadilan Agama Lubuklinggau on . Posted in Berita

Selasa, tanggal 17 Juli 2018 bertempat diruang sidang utama, Ketua Pengadilan Agama Lubuklinggau Kelas 1B, Drs. H. Muchlis, S.H., M.H. telah memimpin rapat persiapan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu  dengan seluruh Hakim, Pegawai dan Tenaga Honorer Pengadilan Agama Lubuklinggau Kelas 1B dengan agenda Rapat Persiapan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Tahun 2018.

Perubahan pola pikir dan pola kerja aparatur Pengadilan Agama Lubuklinggau Kelas 1B  serta terciptanya pelayanan prima kepada pencari keadilan merupakan tujuan utama bagi Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam program sertifikasi akreditasi penjaminan mutu bagi setiap pengadilan. Oleh sebab itu dalam rapat ini, sebagai langkah awal Drs. H. R. A. Syarnubi, S.H., M.H. selaku Ketua Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu    menjelaskan dalam waktu satu dua minggu ke depan akan dibentuk kembali tim SAPM dan akan ditentukan jadwal waktu pelaksanaan SAPM serta akan diadakan sosialisasi SAPM kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Lubuklinggau Kelas 1B.

Di akhir rapat, Ketua menyampaikan bahwa “Kebaikan Pengadilan Agama Lubuklinggau adalah kebaikan kita semua. Ciptakan kebersamaan dan saling ingat mengingatkan”.

Dengan dilaksanakannya rapat ini diharapkan seluruh pegawai Pengadilan Agama Lubuklinggau Kelas 1B dapat bekerja dan melakukan yang lebih baik sebagaimana motto Pengadilan Agama Lubuklinggau Kelas IB “BANGKIT“ (Bersinergi Amanah Netral Gigih Komitmen Integritas Transparan) menuju Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Lubuklinggau Kelas IB dan akhirnya semoga apa yang telah kita lakukan dapat membawa kebaikan dan ridha Allah Subhanahu wa ta’ala.